Memperbaiki komputer PC dan Laptop Sendiri lanjutan 3 Tentang Hdd drive



Untuk lanjutan yang sekarang saya akan bahas tentang hdd (hardisk drive), jgn aneh klw bahsanya tetap bukan text book, biasa hasil nyari dari sampah orang kaya... heheheh ;), kita tahu bahwa semua program yang kita instal di simpan di hdd, dan ada kalanya hdd tadi tidak terbaca, bad, dan lain2...!!!

kita jangan salah sangka dulu ke hardware, apalagi hardware itu mahal, kalu mnurut saya, seperti hardisk. setelah yakin komputer kita menyala dan ada out put dari monitor, tapi tidak masuk ke menu window, linuk dan sebagainya, kita cek hdd kita dengan cara masuk ke menu bios, dan untuk masuk ke menu bios anda2 sendiri sudah pada paham neeh, soalnya setiap motherboard beda2, dan saya tidak bisa menyimpulkan tombolnya, tapi kebiasaannya, tombol delete, F2. kalau sudah masuk menu bios untuk motherboard yang sekarang biasanya auto detek, sedangkan untuk yang dulu harus manual ke menunya, langsung saja soalnya klw lama bahs masalah ini capek dan anda-anda sekalian sudah mengerti...!

1. kalau hdd di bios tidak terdetek coba kita cek dari kabel datanya, coba beli yang baru, atau pindah pin socketnya dulu, atau tukar dulu sama kabel cd room, palagi cd roomnya terbaca sudah pasti kabel itu dalam keadaan baik. kalau masih tidak terbaca kita coba buka bagian papan pcbnya, dan tetep bersihkan pake thiner, tunggu sampe kering dan pasang ulang tetap menggunakan kabel data yang bagus ( kalau memukul bagian atas hdd yang selama ini di gunakan orang itu untuk hdd yang tidak bisa berputar, karena setiap masuk input listrik biasanya otomatis si hdd cilindernya langsung berputar, kalau diam tidak bunyi putaran baru kita pukul atasnya, sedangkan untuk memberikan input ke komputer itu terletak pada IC yang terpasang di papan pcb, untuk keluar masuk data.) kalau bisa kita rendam si papan 2 hari biar si kotrannya keluar dari bawah Ic yang menempel. lau pasang ulang..!!!

2. Terdetek tapi tidak bisa booting...!!! nah ini biasanya silinder hddnya berputar kurang baik, ini baru trick td ( tenaga dasar yang di gunakan)matikan komputer copot hdd lalu tepuk bagian atas hdd agak keras juga tidak apa2 biar bagian dalam hdd terutama bagian yang memutarkan cilinder agak longgar...!!

Trick ini smwnya sudach saya coba dan allhamdulillah berjalan dengan baik, sampe detik ini saya menulis artikel ini menggunakan hdd seken yg di buang orang saya beli, yach kadang2 trick tepuk digunakan karena hdd tidak booting atau restart trus.. ;) di posting selanjutnya masih hdd, brhubung saya udach ngantuk neeh sob...!!!

jangan pernah bilang kata tidak bisa.... di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin...!! indonesia dihuni dengan orang-orang jenius yang terhalang dana dan biaya pendidikan...!!! tapi tetap semangat...!!!

ARTIKEL TERKAIT:

2 Responses to "Memperbaiki komputer PC dan Laptop Sendiri lanjutan 3 Tentang Hdd drive"

Fazri mengatakan...

bgus nih tipsnya. klo bsa tulisannya dibuat paragraf ye gan. supaya gak trllu bingung bcanya.

abiebiru mengatakan...

ok... makasih masukannya sob... akan saya perbaiki...!!!!

Artikel Terkini: